Minggu, 27 Desember 2015

MOMO (kucing)

Tanggal 20 desember 2015 kemarin, momo resmi aku adopsi. Ini pertama kalinya aku punya peliharaan. Walaupun sebelumnya di rumah mama sering gonta ganti peliharaan, ikan lele, burung, ayam kate, tapi ini pertama kalinya aku turun tangan langsung ngurusi kucing ini.

Nama kucingku momo. Itu nama dari pemilik sebelumnya. Sempat pengen ganti jadi "suarez", tp gak jadi soalnya dimarahin mama :D. Si momo umurnya udah 3 tahun, mix anggora-lokal, kalem banget, gak suka nyakar, gak suka gigit, gak suka kawin (gitu kata yg punya sebelumnya :D).

Jadi, si momo ini dikasih ke aku karena yg punya sebelumnya udah gak bisa ngurusin kucing2 peliharaannya lagi krn suaminya di rawat di rumah sakit lama. Jadi si momo di rumahnya gak ada yg ngurusin, bahkan kucing persianya juga hilang di curi orang. Jadi selama gak keurus, si momo suka naik ke atap rumah bahkan sampe ke atap rumah tetangga, katanya krn takut sama kucing kampung disitu. Si momo dianggap ganggu sama tetangga itu (berisik) jadi pernah kegop si momo mau ditembak gitu (kejam😢), jadi yg punya gak tega.  Terus dikasih ke aku si momo. 

Gak ada persiapan buat melihara kucing dan belum pernah sama sekali melihara kucing. Jadi hari itu juga kami ke ace hardware beli kandang besi (belum berencana di lepas di rumah), pet cargo, tempat makannya, sama makanannya merk whiskas yg rasa tuna. 
Sampe di rumah, aku kasih makannya, lahap banget mungkin dia lapar. Malam itu si momo diam aja. Sampe besoknya, si momo gak mau makan, krn kasian aku kukusin ikan + nasi aku kasihin ke dia, dia langsung "ngeong" (pertama dengar suaranya haha) makannya lahap banget. Tapi, kami lupa sesuatu, hal yg paling penting sebenarnya haha litter box sama pasirnya tempat dia pup. Jadilah malam itu abis makan dia pup di kandang. Pupnya bau banget T.T .

Besok paginya ternyata dia pup lagi, tapi mencret, mulai takut, aku bawak ke dokter (pet shop di daerah jcity). Maksudnya biar sekalian di grooming sama vaksin biar bersih, tp ternyata kata dokternya dia blm bisa di vaksin atau di grooming, krn masih stress. Katanya mencret krn penggantian makanan, jd blm terbiasa sm makanan baru. Kata dokter juga si momo ternyata berat badannya gak ideal sama umurnya, seharusnya minimal berat badan 3kg tapi momo cuma sekitar 2kg lebih. 

Pas pulang dikasih vitamin (kayak minyak  ikan gitu) sama di rekomendasikan ganti makanan. Pertama dokternya ngerekom proplan buat gemukin,  terus aku tanya buat gemukin sekalian jadiin bulunya bagus apa dok? Dokter nyaranin royal canin, katanya pasti kucingnya mau makan, karna wanginya kucing suka. Terus aku baru tau, kata dokter kucing gak boleh di kasih nasi, karna gak bagus buat bulunya. Hari itu aku sama mama juga beli kalung kerincingannya, gak lupa juga kami beli litter box sama pasirnya merk royal cat wangi lavender. 

Mulai dari hari itu aku jadi rajin browsing tentang kucing. Cara ngurusin kucing, bahasa tubuh kucing, rekomendasi makanannya (ternyata masih seputar proplan dan royal canin), dan semua tentang kucing lah pokonya yg di bahas di grup pecinta kucing juga aku baca satu2. Di rumah, di kantor, pas lagi pacaran, sampe pacar heran aku semangat banget baca2 artikel ttg kucing. 

Dan setelah itu si momo gak mencret lagi. Awalnya mau makan royal canin, tapi makin lama makin dikit makannya. 3 hari udah gak nengok lagi bahkan kalo makanannya aku taruh dekat dia. Terus kayak lemas gitu, aku gak tega :'(. Akhirnya aku coba kasih ikan nila kukus lagi, tapi kali ini udah gak pake nasi lagi ya, nilanya aku lepasin dulu dari tulang sama duri2nya, masih jauh aja cium wanginya momo udah ngeong, lahap banget makannya. 

Jadi sekarang aku mutusin buat kasih momo ikan kukus aja tiap hari, karna mungkin dia emang terbiasa dengan makanan itu. Royal caninnya tetap aku letakin di kandangnya, krn kadang2 aku liat momo makan juga dikit2. 


Sekarang momo pup sama pipisnya juga udah di litter box, rencananya minggu ini mau di bawa ke petshop buat di grooming sm vaksin, takut ada kutu dan penyakitnya. Belum di lepas sih dia masih di kandang, masih seminggu di rumah, takutnya kabur. Tapi aku udah sering elus2 dia, bahkan udah berhasil bersihin matanya pagi ini, momo diam aja pas aku pegang dagunya sambil lap pinggir matanya pake kapas yang aku basahin buat bersihin tai matanya. Aku makin sayaaang 😘.

Ini kucingku pertama, bahkan peliharaan pertamaku, baru seminggu tapi udah sayang banget. Kalo tau rasanya punya peliharaan kayak gini udah dari dulu aku pelihara kucing deh 😂. Rasanya senang banget, apalagi liat dia lahap makannya, sehat, rasanya buat dia apa aja aku kasih deh. Beli apapun buat dia aku gak pake mikir dua kali. Biasanya aku sering ngopi ducan di coffee shop kyk strb*ck, killine* atau sibuk belanja make up, baju, sepatu barang2 yang gak penting, sekarang semuanya jadi kepikiran keperluan si momo aja. Pas di kantor juga rasanya pengen pulang aja, khawatir si momo udah di kasih makan apa belum yaa :(
Momo mengubah duniaku lah pokoknya :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar