Senin, 25 Januari 2016

Momo & Lala Vaksin (tapi gagal, lagi!)

 Jadi hari sabtu tanggal 23 Januari kemarin, momo dan lala aku bawa ke Drh buat di vaksin. Setelah searching2 gimana cara bawa kucing biar tenang di mobil (aku awalnya bayangin mereka bedua histeris di mobil) sengaja bangun jam 5 pagi buat kasih mereka sarapan, karna katanya supaya menghindari mereka gak pup dan pipis pas di mobil, harus ada jeda 3-4 jam setelah makan, supaya mereka udah pup duluan di rumah. So, karena pengennya berangkat jam 9an jam setengah enam mereka udah aku kasih sarapan. 
Aku bawa mereka ke drh. CY di ringroad, syalala gak aku letakin di dalam pet cargo selama di mobil, jadi selama perjalanan aku pangku , tp dia tegang banget malah ngumpet di bawah. 
Sampe di Tempat dokter hewannya, ngantri 3 nomor gitu karena pas kami datang ada anjing yg lagi di operasi. Syahlala sm momo mendadak pendiam, mungkin mereka ketakutan banyak anjing.

Rencana awal, syahlala dan momo mau aku vaksin, setelah sebelumnya pernah dibawa buat vaksin juga ke Drh di daerah Jcity tapi blm bisa di vaksin karna masih stress dan blm sehat betul (momo mencret karena ganti makanan waktu itu) jadi ditolak sama dokter, katanya ntar dulu. Di Drh kali ini pun mesti ada pemeriksaan sebelum vaksin. 

Jadi waktu itu yg pertama diperiksa syahlala. Mata syahlala masih berair, aku minta dokter sekalian periksakan karena aku perhatiin ada selaput putih kayak katarak gitu. Dokter bilang itu kayak bekas traumatik kayak mungkin pernah kecolok, atau kena kukunya sendiri waktu garuk mata karena mata berair itu gatal buat kucing. Terus kuping lala juga ternyata infeksi dan basah, jadi dibersihkan sama dokternya. Yang anehnya, waktu liat gigi syahlala, dokter nemuin karang gigi yg lumayan besar kayak udah jadi gigi busuk di ujung gigi atas kirinya. Terus dokter bilang umur syahlala ini udah sekitar 3-4 tahun dilihat dari karang giginya. Aku kaget karna  kata dokter sebelumnya, syahlala itu masih 8 bulan dilihat dari giginya yg masih tajam2. Kok bisa jauh berbeda gini -___-

Yang pasti syahlala gagal vaksin lah, diagnosa awal dia kena flu. Flu ini kalo  di manusia kata dokter udah tingkat TBC. Tapi kalo dikasih obat yang diresepin dokter belum juga sembuh, berarti mungkin terkena virus. Dan kalo virus, dokter juga udah gak bisa bantu. Aku langsung kaget waktu di jelasin kayak gitu, kesian banget syahlala kami. Selama ini hidupnya berarti sakit banget sama pemilik sebelumnya karna ditelantarin. (Fyi, syahlala baru sekitar 3 minggu kami adopt, pas datang matanya udah sakit, kelaparan dan bulunya gimbal). Bayangin aja gimana rasanya mata sakit dan gatal, bulu2 kayak kejambak semua karna gimbal dimana-mana, kuping sakit karna infeksi, gigi sakit karna karang, hidung kesumbat karna flu, terus kelaparan :'( , hidup kok sakit banget ya pasti katanya. Tega banget pemilik sebelumnya. Pengen banget nuntut ke mereka udah telantarin kayak gitu, gak abis pikir padahal  syahlala itu baik budi banget, jinak dan manja banget. Sampe dokternya bilang, kucingnya baik banget diperiksa nurut aja, mungkin dia tau niat baik dan dia juga pengen sembuh.
Teringat dulu kami sisir gimbal syahlala lepasin satu2 pakai sisir, susah banget karena gimbalnya kelilit sampe ujung dekat kulitnya. Kasian banget. Syahlala cuma diam aja, gak meronta, malah dia kasih bagian perutnya yg paling banyak bulu kelilitnya. Aku aja mau nangis pas nyisirnya, kesian banget. 

Walaupun agak mahal untuk berobat dua ekor kucing sekaligus, aku gak apa-apa yg penting mereka bisa sehat. Aku udah terlanjur sayang sama mereka. Momo juga di diagnosa flu hari itu sama dokter, cuma telinga momo gak basah. Dua-duanya juga di kasih suntik anti parasit dan disuruh balik 2 minggu lagi buat suntik yg kedua kalinya. 
Akhirnya, mereka berdua gagal vaksin. Rencananya, aku mau balik ke dokter dua minggu lagi, sekitar tgl 6feb buat vaksin dan suntik anti parasit yg kedua buat dua kesayangan aku ini 😻








Tidak ada komentar:

Posting Komentar